Sabtu, 02 Januari 2016

Tugas Essay

Essay

Keunikan Pada Tubuh Manusia

Manusia adalah makhluk hidup yang paling sempurna diantara makhluk hidup yang lain. Diantara makhluk hidup yang lain, hanya manusialah yang memiliki tubuh menakjubkan. Tetapi, kebanyakan manusia tidak mengetahui hal tersebut. Mereka bukannya menjaga tubuh melainkan malah merusaknya. Manusia merusak tubuh dengan berbagai cara, seperti meminum miras, mengonsumsi narkoba, dll. Agar kita lebih mengetahui, apa sih yang menakjubkan dalam diri kita? Mari baca beberapa paragraf di bawah ini.
          Bagian tubuh manusia yang pertama adalah sel. Salah satu fakta yang menurut saya menarik mengenai sel adalah kematian 300.000.000 sel per menitnya. Pertanyaan saya mengenai hal tersebut yaitu, mengapa tubuh manusia tidak juga membusuk? Pertanyaan itu muncul ketika saya membaca sebuah artikel mengenai sel. Saya berpikir bahwa kematian sel sebanyak itu dapat membuat tubuh rusak dan membusuk. Ketika saya mencari referensi di internet, saya menemukan artikel yang menjelaskan jawaban dari pertanyaan saya. Hal ini terjadi karena, jumlah sel yang lahir lebih banyak daripada jumlah sel yang mati. Setiap harinya, 10 – 50 triliun sel digantikan di dalam tubuh kita. Itulah sebabnya, tubuh kita masih tetap baik sampai saat ini.
          Bagian tubuh manusia yang kedua adalah Rambut. Rambut merupakan bagian tubuh yang paling kuat. Mengapa rambut dikatakan bagian tubuh yang paling kuat? Karena, kerusakan rambut berjalan pada tingkat yang sangat lambat . Artinya, rambut dapat bertahan lama daripada bagian lain tubuh. Faktanya, mumi yang telah dimakamkan ratusan bahkan ribuan tahun lamanya masih memiliki rambut. Rambut tidak terpengaruh oleh perubahan iklim, suhu, kelembapan, atau akibat zat asam dan kimia. Satu – satunya kelemahan utama rambut adalah api. Karena, struktur pembentuk rambut terdiri dari karbon.
          Bagian tubuh yang ketiga adalah perut. Perut juga merupoakan bagian tubuh yang sangat kuat. Di dalam perut, terdapat asam lambung yang sangat kuat, bahkan dapat melarutkan zat seng. Kalau begitu, kenapa asam lambung tidak membuat perut kita bolong? Karena, lapisan di dalam perut kita dapat segera memperbaharui dirinya dengan begitu cepat. Itulah sebabnya asam lambung tidak merusak perut karena, perut dapat mencegah terjadinya kerusakan. Jika bukan karena kemampuan memperbaharuinya yang cepat, mungkin semua manusia memiliki perut yang bolong.

          Itulah hal - hal menakjubkan yang ada pada tubuh manusia. Beberapa bagian tubuh diatas hanyalah sebagian kecil dari bagian tubuh yang kita punya. Sungguh menakjubkan tubuh pemberian Allah SWT yang sangat hebat ini. Semoga kita sadar dengan apa yang telah kita lakukan kepada tubuh kita. Jangan sia – siakan kehebatan tubuh ini dengan merusaknya yang hanya mencicipi kenikmatan sesaat.

0 komentar:

Posting Komentar