Rabu, 12 Agustus 2015

Jalur Pelayaran dan Perjanjian antara Spanyol dan Portugis

 Pelayaran orang-orang Spanyol

a.  Christopher Columbus
            Pada tanggal 3 Agustus 1492, Christopher Columbus mulai berlayar mencari sumber rempah-rempah di dunia timur. Berdasar pengetahuan bahwa dunia ini bulat, bermaksud mencapai daerah Hindia Timur dari arah barat. Bermodal 3 buah kapal yang bernama Pinta, Nina dan Maria, dengan awak 88 orang pelaut sebagai hadiah dariratu Issabella I penguasa Spanyol, bertekad menyebrangi  samudra Atlantik.Setelah berlayar selama 1 bulan mengarungi samudra Atlantik, sampailah Columbus di kepulauan Bahama di Karibia. Ia merasa telah sampai di kepulauan Hindia Timur yang merupakan sumber rempah-rempah. Sehingga, Ia menamai penduduk asli di kawasan itu sebagai Indian. Selanjutnya kepulauan Bahama dikenal sebagai Hindia Barat.
            Columbus bersama seorang penyelidik bernama Amerigo Vespucci berlayar antara tahun 1492 – 1504 terhitung 4 kali   :
1.      Tahun 1492 – 1493 sampai di kepulauan Bahama, Cuba dan Hispaniola
2.      Tahun 1493 – 1496 sampai di Puerto Rico dan Jamaica
3.      Tahun 1498 – 1500 berlayar sepanjang pantai utara Amerika Selatan
4.      Tahun 1502 – 1504 sampai di pantai Central Amerika
 Mereka menemukan benua baru yang diberi nama Amerika. Jadi penemu benua Amerika adalah Christophorus Columbus.

Amerigo Vespucci adalah seorang Italia yang bekerja untuk Spanyol, mencatat segala sesuatu yang dilihat dan dialami di daerah orang Indian itu. Catatan Amerigo Vespucciini sampai ke tangan seorang professor Ilmu Bumi di Universitas St. Die di Jerman yang bernama Martin Waldseemuller. Melalui professor inilah daerah yang merupakan benua itu diberi nama Amerika, mengambil nama  Amerigo Vespucci.

            Sejak Columbus menemukan benua Amerika, menyusul pelaut-pelaut Spanyol, seperti :
Cortez, menduduki Mexico pada tahun 1519 dengan menakhukkan suku Indian yaitu Kerajaan Aztec dan suku Maya di Yucatan. Pizzaro, pada tahun 1530 menaklukkan kerajaan Indian di Peru yaitu suku Inca.

b.   Ferdinand Magelhaens ( Magellan )
Pada tanggal 10 Agustus 1519, Magelhaens ( Magellan, keturunan Portugis) dengan lima buah kapal berawak 250 orang, berlayar ke barat mengikuti jejak Columbus. Magelhaens didampingi  Kapten Juan Sebastian del Cano ( Sebastian Ecano) dan seorang penulis dari Italia yang bernama Pigafetta. Penulis inilah yang mengisahkan perjalanan Magelhaens-del Cano mengelilingi dunia yang membuktikan bahwa bumi itu bulat seperti bola.
Pada tahun 1520, setelah menyeberangi samudra Pasifik, sampailah rombonganMagelhaens di kepulauan Massava. Kepulauan ini kemudian diberi nama Filipina, mengambil nama raja Spanyol,Philips II. RombonganMagelhaens mendirikan batu peringatan dan mengklaim sebagai daerah kekuasaannya. Magelhaens juga menyebarkan agama Katolik dan berhasil menggaet raja Cebu. Dalam suatu pertempuran melawan orang Mactan,Magelhaens gugur  (27 April 1521). Akibat peristiwa itu rombongan bergegas meninggalkan Filipina di pimpin oleh Sebastian del Cano, menuju kepulauan Maluku. Tersisa tinggal 2 kapal, yaitu Victoria dan Trinidad dengan awak kapal 17 orang, berhasil memborong rempah-rempah di Maluku kemudian melanjutkan perjalanan kembali menuju Spanyol lewat Tanjung Harapan. Kapal Victoria berhasil sampai di Spanyol (6 September 1522 ) sedang kapal Trinidad dirampas Portugis di tengah jalan.
Magelhaens dianggap sebagai orang besar dalam dunia pelayaran. Raja Spanyol memberi hadiah sebuah tiruan bola bumi. Pada tiruan bola bumi itu dililitkan pita bertuliskan ‘ Engkaulah yang pertama kali mengetahui diriku’

Perjanjian Antara Portugis dan Spanyol
Bangsa Portugis dan Spanyol sama-sama ingin menguasai dunia. Hal ini membuat Paus Yulis II turun tangan untuk menyelesaikan perseteruan Portugis dan Spanyol. Akhirnya, tercapailah suatu kesepakatan yang dinamakan Perjanjian Tordesillas pada tahun 1494.

Isi Perjanjian Tordesillas adalah membagi dunia ke dalam dua wilayah kekuasaan yang dibatasi oleh garis tordesillas yang membentang dari Kutub Utara ke Kutub Selatan melalui Kepulauan Verde di sebelah barat Benua Afrika. Spanyol diberi hak untu melayari dan menguasai negeri-negeri di sebelah barat, sedangkan Portugis menguasai negeri-negeri di sebelah timur.

Pada tahun 1512 Portugis berhasil menguasai Ternate. Pada saat yang sama Spanyol sudah bersekutu dengan Tidore. Terjadilah perseteruan dan perselisihan di antara mereka. Kemudian Paus turun tangan kembali menengahi perseteruan tersebut melalui Perjanjian Saragosa pada tahun 1528. Isi Perjanjian Saragosa adalah menetapkan bahwa garis saragosa membagi dunia menjadi dua wilayah kekuasaan yang dibatasi oleh meridian Jailolo di Irian (Papua). Dengan demikian, Spanyol harus kembali ke Filipina.

Bangsa Portugis dan Spanyol datang ke Indonesia dengan tujuan sebagai berikut:
(1) Gold, yaitu mencari emas dan mencari kekayaan;
(2) Glory, yaitu mencari keharuman nama, kejayaan, dan kekuasaan;
(3) Gospel, yaitu tugas suci menyebarkan agama Kristen.

PERJANJIAN SARAGOSA PENGARUHI WILAYAH TIMUR INDONESIA
Negara Eropa, khususnya Portugal dan Spanyol sudah mengatur sejak tahun 1500-an cara menjajah negara di muka bumi. Tetapi Eropa menggunakan bahasa lebih halus lagi dengan sebutan membagi wilayah eksplorasi Timur dan Barat.
Eropa mengenalkan perjanjian Saragosa (tapi lebih dikenal Perjanjian Saragossa atau Perjanjian Zaragoza) yang ditandatangani pada 22 April  1529 oleh Spanyol dan Portugal.
Kedua negara membagi belahan bumi bagian timur dengan batas garis bujur melalui 297,5 legua atau 17° sebelah timur Kepulauan Maluku. Perjanjian ini adalah kelanjutan dari Perjanjian Tordesillas membagi belahan bumi barat di antara Spanyol dan Portugal dihadiri Raja John III dan Kaisar Charles V di Kota tempat perjanjian dilaksanakan Kota Zaragoza. .
Perjanjian itu diprakarsai Paus melihat persaingan perebutan koloni dilakukan Portugis dan Spanyol kian tidak terkendali dan saling menyerang. dan klaim terhadap pulau-pula di Samudera Pasifik khususnya Maluku.
Ketika itu, Spanyol dan Portugis saling menyatakan menguasai pulau-pulau di wilayah Timur. Akhirnya, ditemukan kesepakatan dan isi tentang pengaruh dan batas. Kesepakatan yang dicapai dua point yakni: pertama, bumi dibagi atas dua pengaruh, yaitu pengaruh bangsa Spanyol dan Portugis.
Kedua, wilayah kekuasaan Spanyol membentang dari Mexico ke arah barat sampai kepulauan Filipina dan wilayah kekuasaan Portugis membentang dari Brazillia ke arah timur sampai kepulauan Maluku.
Itulah penyebabnya, pengaruh budaya wilayah Timur Indonesia seperti Manado atau Ambon masih kental budaya Portugis.

0 komentar:

Posting Komentar